Jumat, 13 Maret 2015

Globalisasi adalah proses terjadinya ketergantungan antara manusia dan antara bangsa yang saling mempengaruhi satu sama lainnya .
Sebagaimana kita maklumi bahwa Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) adalah suatu sarana yang sangat berkembang di Negara kita saat ini. Di sekitar kita IPTEK telah menjadi suatu tradisi dalam kehidupan sehari – hari. IPTEK telah kita wujudkan dalam kehidupan sehari – hari meskipun kita tidak menyadarinya.                      
Seiring berjalannya waktu, IPTEK telah berkembang dengan pesat mengikuti perkembangan zaman. Di zaman modern ini IPTEK tidak diragukan lagi dalam kegunaannya. IPTEK telah banyak membantu manusia untuk membantu pekerjaannya sehari – hari.
Terlebih lagi di era globalisasi ini IPTEK sangat dibutuhkan keberadaannya. Selain itu di Negara berkembang seperti di Indonesia, perkembangan IPTEK menjadi salah satu tolak ukur untuk mengetahui seberapa jauh Negara itu berkembang.
Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis, Demikian juga ditemukannya formulasi-formulasi baru kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktifitas manusia.
Ringkas kata kemajuan IPTEK yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Sumbangan IPTEK terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa IPTEK mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia.
http://ulfabachtiar.files.wordpress.com/2011/01/220px-ponsel2007.jpg?w=185&h=135Kalaupun teknologi mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti teknologi benar. Sebab IPTEK hanya mampu menampilkan kenyataan . Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan. Tentu saja iptek tidak mengenal moral kemanusiaan, oleh karena iptek tidak pernah bisa menjadi standar kebenaran ataupun solusi dari masalah-masalah manusia. 


SUMBER:http://nurafifahhrp.blogspot.com/2012/02/makalah-globalisasi-iptek-ilmu.html

0 komentar:

Posting Komentar