Jumat, 13 Maret 2015

.
POLITIK GLOBAL Secara umum, globalisasi pada akhirnya akan mengurangi keistimewaan negara bangsa Lembaga supranasional seperti UNI EROPA, WTO, G8, atau Mahkamah Internasional menggantikan atau memperluas fungsi negara untuk memfasilitasi perjanjian internasional. Sejumlah pengamat menyebut globalisasi sebagai penyebab turunnya kekuatan Amerika Serikat, salah satunya akibat defisit perdagangan AS yang tinggi. Hal ini memicu perpindahan kekuatan global ke negara-negara Asia seperti Cina yang memiliki kekuatan pasar dan berhasil meraih level pertumbuhan yang luar biasa. Per 2011, ekonomi Cina diperkirakan akan mengalahkan Amerika Serikat pada tahun 2025.

Organisasi non pemerintah terus memengaruhi      kebijakan publik melintasi batas negara, termasuk di bidang bantuan kemanusiaan dan pembangunan negara.Organisasi amal dengan misi global juga selangkah di depan di bidang kemanusiaan. Badan amal seperti bill and Mellinda gathes Foundation,Accion International, Acumen Fund (sekarang Acumen), dan Echoing Greenmenggabungkan model bisnis dengan filantropiyang kemudian melahirkan organisasi bisnis seperti Global Philanthropy Group dan asosiasi filantropi baru seperti Global Philanthropy Forum. Proyek-proyek Bill and Melinda Gates Foundation mencakup komitmen senilai ratusan miliar dolar untuk mendanai imunisasi di beberapa negara miskin yang pertumbuhannya cepat, serta ratusan juta dolar untuk mendanai program sosialisasi menabung bagi orang-orang miskin.Hudson Institute memperkirakan bahwa total aliran dana dari filantropis swasta ke negara-negara berkembang mencapai uss 59 miliar pada tahun 2010.
Menanggapi globalisasi, sejumlah negara mulai menganut kebijakan . Misalnya, pemerintah korea utara mempersulit orang asing untuk memasuki negaranya dan sangat mengawasi aktivitas mereka seandainya dibolehkan masuk. Para pekerja sosial diperiksa secara menyeluruh dan tidak diizinkan mengunjungi tempat-tempat yang dilarang pemerintah. Warga Korea Utara tidak bisa seenaknya keluar dari negara itu.

sumber; http://id.wikipedia.org/wiki/Globalisasi

0 komentar:

Posting Komentar