Selasa, 03 Februari 2015

A.Faktor Utama Masuknya Budaya Asing di Era Globalisasi .

       Globalisasi adalah suatu proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak mengenal batas wilayah. Sedangkan budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. 

       Di era globalilasi ini masuknya budaya asing bukanlah hal yang asing lagi, karena budaya asing itu sendiri sudah sejak lama masuk ke Indonesia. Budaya asing yang masuk ke Indonesia mempunyai dampak yang sangat terasa terhadap budaya indonesia, masuknya budaya asing terdiri dari beberapa faktor yang berasal dari dalam masyarakat maupun dari luar masyarakat.


Faktor-faktor yang berasal dari dalam masyarakat itu sendiri meliputi hal-hal sebagai berikut:
1.         Penemuan baru
Penemuan baru sebagai sebab terjadinya perubahan dapat terwujud dalam bentuk penemuan unsur kebudayaan baru.
2.         Bertambah atau berkurangnya penduduk
Dengan bertambah penduduk masyarakat mulai mengenal hak milik seseorang atas tanah, sewa tanah, gadai tanah, atau adanya sistem bagi hasil. Hal ini terjadi karena adanya perubahan dalam struktur masyarakat terutama lembaga kemasyarakatan berkurangnya penduduk karena perpindahan ke daerah lain menyebabkan kekosongan.
3.         Terjadinya pemberontakan atau revolusi
Hal ini dapat mendorong terjadinya perubahan besar mulai dari bentuk negara, lembaga masyarakat sampai pada keluarga yang mendiami negara tersebut.
4.         Pertentangan masyarakat
Pertentangan masyarakat yang terjadi diantara individu dapat menyebabkan perubahan sosial.
Faktor-faktor yang berasal dari luar masyarakat meliputi hal berikut:
1.         Bencana alam seperti gempa bumi, angin topan dan banjir
2.         Perubahan sosial yang terjadi karena kebudayaan dari masyarakat lain melancarkan pengaruhnya
3.         Peperangan dengan negara lain juga dapat menyebabkan terjadinya perubahan.

B.     Pengaruh Masuknya Budaya Asing terhadap Warga Negara Indonesia di Era Globalisasi
1.         Dampak positif:
a)        Perubahan Tata Nilai dan Sikap
       Adanya modernisasi dan globalisasi dalam budaya menyebabkan pergeseran nilai  dan sikap masyarakat yang semula irasional menjadi rasional.
b)         Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi
c)        Tingkat Kehidupan yang lebih Baik
Dibukanya industri yang memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih merupakan salah satu usaha mengurangi penggangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.
2.         Dampak negatif:
a)        Kesenjangan Sosial Ekonomi
Kesenjangan sosial ekonomi adalah suatu keadaan yang tidak seimbang di bidang sosial dan ekonomi dalam kehidupan masyarakat.
b)        Kerusakan Lingkungan Hidup
c)        Kriminalitas
Kriminalitas adalah perbuatan yang melanggar hukum atau hal- hal yang bersifat kejahatan, seperti korupsi, pencurian, perkelahian, pembunuhan, pemerkosaan dan lainnya.
sebagaimana dikatakan E.H. Sutherland ( dalam Soejono Soekamto, 1990: 367) kriminalitas (perilaku jahat) merupakan proses asosiasi diferensial, karena apa yang dipelajari dalam proses tersebut sebagai akibat interaksi dalam pola dan perilaku yang jahat.
d)       Kenakalan Remaja
Kenakalan remaja adalah penyimpangan perilaku yang dilakukan generasi muda (sekelompok remaja). Kenakalan remaja dapat disebabkan  oleh beberapa faktor, yaitu faktor eksternal dan internal.
(1)     Faktor internal yaitu faktor yang berasal dari remaja atau keadaan   pribadi remaja itu sendiri. Misalnya, pembawaan sikap negatif dan suka dikendalikan yang juga mengarah pada perbuatan nakal.
(2)     Faktor eksternal, yaitu faktor yang berasal dari luar diri remaja itu   artinya, berasal dari lingkungan hidup remaja tersebut. Misalnya  kehidupan keluarga, pendidikan di sekolah, pergaulan, dan media massa.
e)        Pola Hidup Konsumtif
f)         Sikap Individualistis
g)        Gaya hidup kebarat-baratan

C.    Cara Mengantisipasi Pengaruh Budaya Asing Terhadap Warga Negara Indonesia di Era Globalisasi
1)      Menyeleksi dan menyaring nilai-nilai budaya asing
     Nilai-nilai budaya asing yang sesuai dengan bangsa kita dapat diserap sehingga akan memperkaya nilai budaya bangsa kita, sedangkan yang kita tinggalkan untuk itu, hal-hal yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:
a)        Meningkatkan kesetiaan kita kepada ideologi nasional (Pancasila).
b)        Mengembangkan sikap kekeluargaan dan gotong royong.
c)        Mengenali dan mengembangkan nilai seni budaya.
2)      Memelihara dan mengembangkan kebudayaan nasional
     Memelihara dan mengembangkan budaya nasional sebagai jati diri bangsa dengan cara mengirimkan misi kebudayaan dan kesenian dari suatu daerah keluar negeri. Selain itu, dapat dilakukan dengan menayangkan dan menyiarkan kebudayaan dan kebudayaan nasional melalui berbagai media, mengadakan seminar membahas kebudayaan daerah sebagai budaya nasional, serta pelestarian dan pewarisan dan pewarisan daerah yang dapat mendorong persatuan dan kesatuan bangsa.
3)      Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
            Dalam rangka membangun masyarakat yang adil dan makmur yang tetap berkepribadian indonesia, kita harus tetap beriman dn bertaqwa kepada tuhan yang maha esa. Dalam menjalani tuntutan era globalisasi, kita tetap mampu berdiri kokoh sebagai bangsa dengan ideologi dan pandangan hidup nasional yang tangguh serta kebudayaan nasional yang yang luhur.
sumber : http://apria3.blogspot.com/2013/12/pengaruh-budaya-asing-terhadap-warga_15.html

0 komentar:

Posting Komentar